Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah

    Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah - HDMI atau high definition multimedia interface adalah untuk input audio video ke layar biasanya ke tv dan sebagainya. Untuk menghubungkan komputer ke tv atau media lainnya seperti proyektor membutuhkan yang namanya kabel penghubung HDMI. Dan bagaimana cara menghubungkannya, cara nya sangat mudah , berikut ini adalah langkah untuk menghubungkan komputer ke TV HDMI :

Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah
cara menghubungkan pc ke tv HDMI

  • Yang pertama yaharus dilakukan adalah Matikan komputer kemudian periksa bagian belakang CPU. Lihat kabel yang terpasang ke output dari VGA Card, yang berupa 15-pin VGA port atau 29-pin port DVI. Jika Anda beruntung, akan ada port kedua langsung di sebelah itu, baik dari tipe DVI atau VGA.
  • Pilih colokan yang untuk video output. apabila komputernya memiliki port HDMI, dapat menghubungkannya dengan kabel HDMI antara komputer dan TV.  Jika komputer Anda hanya memiliki output video (VGA) tunggal dan tidak hanya digunakan untuk output ke tv , anda harus membeli DVI atau HDMI output, dan kemudia pasang di slot yang tersedia pada komputer Anda. Jika output port yang Anda pilih adalah DVI, berarti anda juga harus mempunyai kabel DVI to HDMI untuk dapat mengkonversi output komputer Anda ke input HDMI TV Anda. Jika Anda berniat untuk menggunakan output VGA pada kartu video yang mempunyai output-tunggal atau dual-output untuk dikonversi ke tampilan HDMI, maka dibutuhkan perangkat khusus untuk mengkonversi antara output video (VGA) pada komputer anda ke TV HDMI.
Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah
Kabel HDMI
  • Kemudian Sambungkan kabel HDMI dari televisi Anda ke komputer Anda. dan sudang terpasang kartu video atau converter dengan benar pada komputer. kecuali komputer yang sudah mempunyai output,lihat juga pastikan sudah terhubung dari output kartu suara ke kabel video HDMI.
  • Hidupkan komputer dan kemudian ke control panel , dan kemudian Double click icon Display dan pilih setting. Pada pengaturan resolusi atur secara manual untuk mendukung resolusi layar TV HDMI, begitu juga dengan refresh rate, klik tombol "Advanced" untuk mengatur refresh rate. Jika menggunakan TV HDMI sebagai monitor kedua, Anda juga harus mengkonfigurasi bagaimana ia digunakan oleh Windows, atau bisa di lihat sesuai dengan kartu petunjuk yang ada.
  • Kemudian untuk supaya berhasil terhubung dengan sesuai dengan resolusi layarnya restart komputer untuk melihat hasilnya di TV.
Sekian artikel kali ini tentang Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah semoga postingan kali ini bermanfaat.
Cara menghubungkan komputer dengan TV HDMI dengan Mudah | Aan | 5